Apple Pie ala Jerman   Leave a comment

Apple Pie ala Jerman

Bahan yang dibutuhkan :
• 9 sendok makan gula pasir
• 9 sendok makan tepung terigu
• 9 sendok makan minyak sayur (saya gunakan 5 sendok karena adonan sudah kental)
• 1 bungkus baking powder
• 4 butir telur ayam
• 3 buah apel
• Jeruk lemon

Cara Pembuatan :
1. Panaskan oven sampai 170 derajat (panas atas bawah).
2. Telur dan gula kocok dengan mixer sampai gula larut.
3. Tambahkan campur tepung dengan baking powder.
4. Kemudian masukkan minyak sayur.
5. Kupas apel (taburi dengan air jeruk lemon supaya apel tidak berwarna coklat).
6. Potong atau iris apel sesuai selera Anda.
7. Tuang separuh adonan no. 3 (telur, gula, tepung) kedalam Loyang, lalu letakkan potongan apel diatasnya.
8. Tambahakan sisa adonan tepung hingga habis.
9. Panggang selama 15 menit atau hingga berwarna coklat.

Note : – Untuk mencek apakah kue sudah matang, tusuk dengan tusuk gigi, atau bisa dengan pisau, jika tusuk gigi dan atau pisau kering ketika diangkat, berarti kue sudah matang.

Catatan kecil: berhubung sedang dalam tahap belajar bahasa Jerman, kadang ada hal-hal lucu ketika saya praktek membuat kue. Contohnya resep ini ada tertera Zitrone dalam bahasa Indonesia lemon, nah saya kira seperti resep almond cake sebelumnya, dimana gunakan parutan kulit jeruk untuk adonan kue. Setelah baca ulang lagi dan lagi ternyata jeruk lemonnya pada appel pie ini adalah untuk disiramkan ke apel supaya apel tidak berwarna coklat. Ya parutan kulit jeruk lemon terlanjur masuk adonan, tidak mengapalah jadi harum kuenya heheheh.

Bad Rappenau 24.01.2012, jam 21:10 suami saya baru pulang kerja, saya bilang : “.. saya coba buat Apfelkuchen, siap dikeluarkan dari oven nih ..”, eh dia senang banget tuh bilang : “..Oo Happy day!” ;-) .

Selamat Mencoba ;-) .

sumber

Posted Januari 8, 2013 by irhana512 in essen und trinken

Tinggalkan komentar